Pages

Minggu, 30 September 2012

Materi IPA Kelas V: Perubahan sifat benda

Perubahan sifat tidak mengubah jenis bendanya. Sifat benda yang mengalami perubahan dapat dilihat pada bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda antara lain pemanasan, pendinginan, pembakaran, pencampuran dengan air, pembusukan, dan perkaratan
1. Pemanasan
Pemanasan dapat mengubah wujud benda. Perubahan wujud ini bergantung pada panas yang diterima atau yang dilepaskan oleh benda misalnya air yang dipanaskan akan menguap. Pada perubahan ini benda memerlukan panas.
2. Pendinginan
Pendinginan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Wujud cair berubah menjadi padat, misalnya air yang didinginkan berubah menjadi es. Wujud gas berubah menjadi cair, misalnya uap air yang mengalami pendinginan dapat berubah menjadi titik-titik air kembali.
3. Pembakaran
Pembakaran menyebabkan perubahan sifat zat benda baru berbeda dengan sifat benda semula. Misalnya kayu yang dibakar menjadi arang. Pada peristiwa ini terjadi perubahan warna, bentuk, kekerasan, kelenturan dan bau.
4. Percampuran dengan air
Bila kita melarutkan gula dalam segelas air. Setelah gula diaduk maka bentuk gula tidak terlihat lagi. Hal ini karena terjadi perubahan bentuk dan kekerasan tetapi bila larutan gula dipanaskan maka akan terbentuk kembali menjadi padat.
5. Pembusukan
Buah, sayuran, dan makanan merupakan benda yang mudah membusuk. Buah jika dibiarkan beberapa had akan membusuk. Pada pembusukan ini terjadi perubahan bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau.
6. Perkaratan
Perkaratan biasa terjadi pada logam, misalnya besi. Besi bila terkena udara dan air akan berkarat dan bila ini terjadi dalam waktu yang lama maka besi akan keropos dan lapuk. Pada peristiwa perkaratan terjadi perubahan warna dan kekerasan.

0 komentar:

Poskan Komentar