Pages

Kamis, 27 September 2012

Strategi Pembelajaran STAD

STAD terbentuk dari lima komponen, yaitu :
Presentasi klas (class presentations)
Tim Belajar (teams)
Tes-tes (quizzes)
Skor Peningkatan & Individu (Individual Development Score)
Komponen-komponen diatas diterangkan sebagai berikut :
Presentasi Kelas
Materi dalam STAD pada awalnya diperkenalkan dalam presentasi kelas. Presentasi inisering berupa pengajaran langsung atau diskusi-diskusi, ceramah yang dipimpin oleh seorang guru atau presentai melalui penggunaan buku teks, audio visual. Presentasi kelas dalam STAD berbeda dengan pengajaran yang biasanya, dimana dalam presentasi tersebut  harus betul-betul terfokus pada unit STAD.
Kelompok Belajar
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen artinya anggota kelompok terdiri dari prestasi akademik beragam, jenis kelamin, ras atau kesukuan.
Fungsi dari kelompok adalah untuk mempersiapkan anggotanya untuk menghadapi tes dengan sangat baik. Tiap-tiap kelompok terdiri dari empat atau lima orang siswa dan tiap-tiap kelompok dapat memberikan memberikan nama kelompoknya (misalnya : A, B, C, D dst)
Setelah guru memberikan materi, anggota kelompok segera bertemu untuk mempelajari materi yang dapat berupa lembar kerja dan didiskusikan secara bersam mengenai masalah bersama, membandingkan jawaban atau mengoreksi kesalahan persepsi.
Tes
Setelah satu atau dua tetap muka/presentasi, para siswa mendaatkan tes secara individu dan para siswa (anggota kelompok) tidak dibenarkan memberi pertolongan. Larangan ini untuk menyakinkan bahwa setiap anggota kelompok atau setiap siswa bertanggungjawan secara individu dari penguasaan materi yang diberikan guru.
Nilai
Skore perbaikan individu ini adalah untuk memberi tiap siswa tujuan prestasi yang bisa  dicapai siswa. Yaitu dengan membandingkan skor perorangan/individu dengan skor dasar. Sehingga siswa dapat melihat skor peningkatan mereka. Skore tim (kelompok) diperoleh dengan menambahkan skore peningkatan semua anggota dalam suatu kelompok.
Penghargaan Tim (kelompok)
kelompok belajar akan mendapatkan penghargaan, misalnya sertifikat pujian diharapkan kelompok lain tentang kehebatannya, jika nilai rata-rata mereka melebihi kriteria  tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar