Pages

Kamis, 27 September 2012

Teknik Skrambel Dalam Proses Pembelajaran

1. Pengertian Teknik Skrambel.
Istilah “Skrambel” berasal dari bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “perebutan, pertarungan, perjuangan . Teknik “skrambel” biasanya dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnaya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata kosakata dan huruf huruf yang tersedia.Teknik permainan ini pada prinsipnya menghendaki siswa supaya melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah dikacaukan susunannya. Berdasarkan sifat jawabannya, skramble terdiri atas bermacam macam bentuk.
a. Skrambel kata, yakni sebuah permainan yang menyusun kata-kata dari huruf- huruf yang telah dikacaukan letak huruf-hurufnya sehingga membentuk suatu kata tertentu yag bermakna.
      Misalnya dari huruf-huruf : lewerkala menjadi kelelawar; opmketru menjadi komputer
 b. Skrambel Kalimat, yakni sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata
           acak. Bentukan kalimat dimaksud hendaknya logis, bermakna, tepat dan 
           benar.
c. Skrambel Wacana, yakni sebuah permainan menyusun wacana logis             berdasarkan kalimat atau paragraf acak. Hasil susunan wacana dalam             permainan skrambel hendaknya logis dan bermakna.
2. Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel
Skrambel adalah salah satu permainan bahasa pada hakikatnya permainan bahasa merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan(Suparno 1998:60) Dengan bermain siswa akan memperoleh kegembiraan atau kesenangan,selain itu keterampilan tertentu akan diperolehnya dengan tidak sengaja. Dalam setiap permainan terdapat unsur rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan.

0 komentar:

Posting Komentar