Pages

Minggu, 30 September 2012

Materi IPA Kelas V: Pentingnya pelestarian Mahkluk hidup

Pentingnya pelestarian Mahkluk hidup
Kehidupan manusia tidak akan lepas dari hewan dan tumbuhan, karena kebutuhan manusia sebagian besar berasal dari tumbuhan dan hewan. Kebutuhan yang berasal dari tumbuhan antara lain makanan, pakaian, rumah, dan obat-obatan Untuk menjaga keseimbangan alam pemerintah melakukan usaha perlindungan tumbuhan dan hewan. Usaha-usaha tersebut dilakukan dengan menetapkan suatu kawasan menjadi cagar alam dan suaka margasatwa.
Cagar alam adalah daerah perlindungan tumbuhan dan hewan beserta ekosistemnya dan benda-benda alam yang langka. Cagar alam berperan menjaga kelestarian tumbuhan, tanah dan keindahan alam. Beberapa cagar alam di Indonesia antara lain Cagar Alam Raflesia, Bengkulu, Cagar Alam Gunung Krakatau, Cagar Alam Ujung Kulon Jawa Barat, Cagar Alam Nusakambangan Jawa Tengah, Cagar Alam Gunung Lorent Irian Jaya. Suaka margasatwa adalah daerah perlindungan hewan-hewan langka beserta ekosistemnya. Suaka margasatwa di Indonesia antara lain: Suaka Margasatwa Bukit Lawang, Bohorok Sumatera Utara, Suaka Margasatwa Way Kambas, Suaka Margasatwa Baluran Jawa Timur, Suaka Margasatwa Bali Barat Bali, Suaka Margasatwa Kutai Kalimantan Tengah Selain itu pemerintah juga membuat tempat-tempat perlindungan antara lain:
  1. Hutan wisata adalah kawasan hutan yang karena keadaan dan sifat wilayahnya perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan, yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan, konservasi alam dan rekreasi. Misalnya Hutan Wisata Pangandaran (Jawa Barat).
  2. Kebun raya merupakan kumpulan tumbuhan di suatu tempat dan tumbuhan tersebut berasal dari berbagai daerah yang ditanam untuk tujuan ilmu pengetahuan dan rekreasi. Misalnya Kebun Raya Bogor dan Purwodadi.
  3. Taman hutan raya adalah kawasan konservasi alam yang terutama dimanfaatkan untuk koleksi tumbuhan dan hewan, alami maupun nonalami, jenis asli atau pendatang yang berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan dan rekreasi. Taman Hutan raya ini dapat disebut sebagai taman provinsi. Misalnya Pulau Sempu di Jawa timur.
  4. Taman nasional adalah kawasan konservasi alam dengan ciri khas tertentu baik di darat maupun di perairan. Taman nasional memiliki fungsi ganda yaitu perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan dan perlindungan jenis tumbuhan dan hewan serta pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Taman nasional juga penting untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam. Beberapa taman nasional yang ada di Indonesia, antara lain Taman Nasional Ujung Kulon Jawa Barat, Taman Nasional Kepulauan Seribu, dan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar