Pages

Senin, 01 Oktober 2012

Materi PKn Kelas V SD: Memahami Keputusan Bersama

Setiap organisasi pasti terdapat perbedaan. Misalnya perbedaan pendapat pikiran dan sebagainya. Untuk mengatasi perbedaan ini ada aturan-aturan yang harus ditaati bersama. Salah satu cara untuk mengatasi perbedaan adalah dengan musyawarah. Musyawarah diakukan untuk menetapkan keputusan bersama. Keputusan bersama adalah keputusan yang melibatfcan semua orang yang berkepentingan dan semua anggota organisasi. Semua warga ;-: = - sss: harus terlibat dalam pengambilan keputusan. Beberapa nilai dasar yang harus diperhatikan dalam melakukan musyawarah antara lain :
  1. Kebersamaan
  2. Persamaan hak
  3. Kebebasan mengemukakan pendapat
  4. Penghargaan terhadap pendapat orang lain
  5. Pelaksanaan hasil keputusan secara bertanggung jawab
Ketika mengadakan musyawarah nilai dasar ini tidak boleh ditinggalkan. Dalam bermusyawarah seluruh peserta harus mendapatkan persamaan hak. Bentuk-bentuk Keputusan Bersama
Dalam sebuah organisasi, keputusan bersama dapat diambil melalui cara-cara sebagai berikut:
1. Musyawarah untuk mufakat
Musyawarah untuk mufakat adalah bentuk pengambilan keputusan bersama yang mengedepankan kebersamaan. Musyawarah dilakukan dengan cara memperternukan semua pendapat yang berbeda-beda. Setelah semua pendapat didengar dan ditampung diambil pendapat yang disepakati bersama.
2. Pemungutan suara
Cara musyawarah untuk mufakat tidak selalu membuahkan hasil. Hal ini terjadi bila ada perbedaan pendapat dan tidak dapat diselesaikan, jika demikian ditempuhlah pemungutan suara atau voting, tujuannya untuk mendapatkan keputusan bersama. Voting merupakan cara kedua jika cara musyawarah untuk mufakat gagal dilakukan.
3.Aklamasi
Aklamasi adalah pemyataan setuju secara lisan dari seluruh anggota kelompok. Aklamasi terjadi karena adanya pendapat yang dikehendaki oleh semua anggota kelompok.

0 komentar:

Poskan Komentar