Pages

Kamis, 04 Oktober 2012

Materi IPA KElas IV: Struktur Rangka Manusia dan Fungsinya.

Mengapa manusia dapat berdiri tegak? Coba raba-raba tubuh anda mulai dari kepala hingga kaki, perhatikan dengan seksama, apakah kepala anda terasa keras? Apakah lengan anda di bagian dalam juga terasa keras? Apa yang sebenarnya berada di dalam tubuh kita? Jawabnya karena tubuh kita tersusun atas tulang-tulang, yang biasa dikenal dengan rangka. Rangka tubuh kita terdiri atas tulang-tulang yang sangat keras dan tersusun secara teratur. Rangka manusia terbagi atas tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.
  1. Rangka kepala atau tulang tengkorak berbentuk bulat, tersusun atas tulang dahi, tulang hidung, tulang rahang, tulang pipi, tulang pelipis, tulang ubun-ubun, dan tulang belakang kepala. Tulang-tulang ini berbentuk pipih. Tulangnya keras, gunanya untuk melindungi otak yang sangat lunak.
  2. Rangka badan disusun oleh berbagai macam tulang, yaitu tulang leher, tulang rusuk, tulang dada, tulang punggung atau tulang belakang, dan tulang panggul.
  3. Rangka anggota gerak pada manusia terdiri atas dua bagian yaitu rangka tangan dan rangka kaki. Bentuk rangka tangan dan rangka kaki yang memanjang disusun
. oleh tulang-tulang yang berbentuk pipa dan keras. Masing-masing tulang dihubungkan dengan sendi sehingga dapat bergerak. Rangka tangan tersusun atas tulang lengan, tulang hasta, tulang pengupil, tulang telapak tangan, dan tulang jari tangan, Rangka kaki tersusun atas tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang telapak kaki, dan tulang jari kaki.
Fungsi Rangka
Setelah kamu memahami bagian-bagian dan bentuk-bentuk tulang rangka manusia maka tentu kamu dapat merasakan betapa pentingnya rangka. Fungsi rangka tubuh manusia antara lain:
  1. Penyangga dan pemberi bentuk tubuh.
  2. Melindungi organ dalam seperti otak, paru-paru, dan jantung.
  3. Tempat melekatnya otot-otot rangka.
  4. Sebagai alat gerak
  5. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
Bentuk-bentuk tulang rangka manusia ada 3 yaitu
  1. Tulang pipih, Karena bentuknya pipih atau gepeng maka disebut tulang pipih. Contohnya tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul, dan tulang-tulang tengkorak.
  2. Tulang pendek, Tulang pendek bentuknya bulat pendek. Contohnya tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, ruas-ruas tulang belakang, dan tulang tempurung lutut
  3. Tulang pipa, Disebut tulang pipa karena bentuknya seperti pipa, bulat panjang dan di bagian pusatnya terdapat rongga besar. Contoh: tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruasjari.

2 komentar:

  1. terima kasih sob,,
    http://rian-rifqhy.blogspot.com/ (Visit yah)

    BalasHapus